Pekerjaan yang banyak Dibutuhkan di Masa Depan

Angkatan kerja semakin lama semakin bertambah banyak dibandingkan lapangan kerja. Apalagi, seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi, akan ada banyak pekerjaan yang tidak dibutuhkan lagi kedepannya. Salah satu contoh pekerjaan saat ini yang sudah tidak dibutuhkan lagi adalah teller bank. Karena kemudahan penggunaan mobile banking dan terjangkaunya harga telepon genggam android, masyarakat kini lebih menyukai melakukan transaksi keuangan melalui mobile banking daripada harus mengantri dan melakukan transaksi tunai di teller bank. Diperkirakan dalam 5 tahun kedepan, pekerjaan teller bank akan hilang karena sudah tidak akan dibutuhkan.Bukan hanya pekerjaan sebagai teller bank saja yang tidak akan ada kedepannya. Beberapa posisi PNS juga akan digantikan oleh robot dengan alasan efisiensi belanja pegawai.


Hal ini tentu memicu kekhawatiran generasi muda yang masih berjuang untuk mendapatkan pekerjaan. Oleh karena itu, ada baiknya para calon tenaga kerja dan pelajar/mahasiswa mulai mengetahui prospek pekerjaan yang banyak dibutuhkan di masa depan. Berikut ini adalah daftar pekerjaan yang bisa dijadikan cita-cita para calon tenaga kerja dan pelajar/mahasiswa untuk bertahan hidup di masa depan.

1. Ahli Data
Pekerjaan ahli data adalah mengumpulkan, mengolah dan menganalisa data yang sudah diperoleh oleh suatu perusahaan/instansi untuk pengambilan keputusan. Pekerjaan ahli data tidak hanya diperuntukkan bagi lulusan dari jurusan Matematika dan IPA. Pada kenyataannya pekerjaan ini dapat digeluti oleh lulusan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan di bidang ekonomi, manajemen, komunikasi, komputer, elektronik dan statistik.

2. Digital Marketer
Digital marketer adalah profesi yang bertugas untuk mempromosikan barang atau jasa melalui media sosial atau platform digital. Digital marketer sangat dibutuhkan di masa depan karena diprediksi masyarakat masa depan lebih menyukai pembelian online yang dinilai praktis dan lebih terjangkau harganya. Pekerjaan ini tidak hanya diperuntukkan bagi lulusan marketing, ekonomi, dan bisnis. Pada kenyataannya, banyak lulusan dari jurusan lain yang memiliki kemampuan berkomunikasi dan menguasai IT dapat menjadi digital marketer.

3. Ahli tehnik
Seiring berkembangnya teknologi dan rencana pembangunan setiap negara, ahli teknik adalah pekerjaan yang masih sangat dibutuhkan di masa depan. Selain ahli tehnik konstruksi bangunan, pekerjaan di masa depan yang masih sangat dibutuhkan adalah para ahli dibidang kimia, bioteknologi, robotik, dan nano teknologi.


4. Teknisi IT
Kecanggihan teknologi di masa depan akan membuat banyak perusahaan yang membutuhkan teknisi IT untuk mengurusi sistem bisnis mereka yang berbasis digital. Profesi programmer dan software developer akan tetap dibutuhkan kedepannya.

5. Web/Mobile Application Developer
Seiring maraknya budaya belanja online masyarakat, perusahaan akan membuat website atau aplikasi e-commerce untuk memasarkan produk dan jasa mereka. Sehingga, banyak perusahaan yang akan membutuhkan developer website atau mobile application untuk perusahaan mereka.

6. Ahli Lingkungan
Secanggih apapun teknologi di masa depan, manusia tetap membutuhkan oksigen, air dan pangan. Sehingga, pemerintah diberbagai dunia dan perusahaan-perusahaan akan membutuhkan ahli lingkungan untuk mengatasi air limbah, polusi udara, penebangan liar, sanitasi, dan sistem pengairan. Biasanya yang dibutuhkan untuk profesi ini adalah lulusan dari jurusan tehnik lingkungan.

7. Seo Specialist atau Content Writer.
Seo Specialist atau Content Writer adalah profesi yang bertugas untuk menulis penjelasan atau deskripsi produk dan jasa yang mudah dikenali oleh sistem pencarian Google. Profesi ini termasuk sangat dibutuhkan oleh perusahaan dalam usaha mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan agar menjangkau target pasar. Pekerjaan ini bisa dilakukan oleh lulusan apa saja yang memiliki kemampuan menulis dan suka membaca.

8. Akuntan
Meskipun lulusan akuntansi kian menjamur, namun pekerjaan ini akan terus dibutuhkan. Akuntan adalah profesi yang bertugas untuk melakukan analisa keuangan, membuat laporan keuangan, dan membuat laporan pajak suatu perusahaan atau instansi. Profesi ini bukan hanya dibutuhkan oleh perusahaan swasta, instansi-instansi pemerintah juga membutuhkannya untuk mengatur keuangan di instansinya.

9. Praktisi Medis
Meskipun dunia semakin canggih, kesehatan sebagian manusia di masa depan tidak bisa dijamin lebih baik daripada orang jaman dulu karena pola hidupnya mulai kurang bergerak dan mengkonsumi makanan sehat. Oleh karenanya, di masa depan tenaga medis akan semakin dibutuhkan seiring bertambahnya jumlah penduduk dan pola hidup manusia modern yang kurang menjaga kesehatan dirinya.


Demikianlah daftar pekerjaan berprospek bagus yang akan dibutuhkan di masa depan. Semoga informasi ini bisa menjadi referensi bagi para calon tenaga kerja dan pelajar/mahasiswa dalam merencanakan pekerjaan impiannya di masa depan.