Tips Mengatasi Rasa Jenuh Bekerja.

Manusia adalah mahluk yang mudah mengalami kebosanan pada dasarnya. Terutama saat mereka melakukan rutinitas sehari-hari. Bekerja adalah salah satu rutinitas manusia untuk bertahan hidup. Meski bekerja memperoleh uang, namun tak sedikit para pekerja yang dilanda kejenuhan pada rutinitas pekerjaannya. Rasa bosan adalah manusiawi dan kita tak perlu terlalu merasa bersalah saat merasakannya. Akan tetapi, rasa bosan tidak bisa dibiarkan begitu saja agar tidak mengganggu produktifitas kita. Berikut ini adalah cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa jenuh pada pekerjaan.


1. Istirahat Sejenak
Rajin bekerja adalah hal yang sangat bagus. Akan tetapi terlalu forsir diri pada pekerjaan tidak baik untuk kesehatan. Istirahatlah 10-15 menit saat pekerjaan sedang banyak-banyaknya. Kita bisa keluar ruangan untuk menghirup udara yang kebih segar., menonton acara TV kesukaan, atau mendengarkan musik untuk relaksasi. Beristirahat sejenak saat bekerja bukanlah menunjukkan suatu kemalasan. Hal ini perlu dilakukan sebagai bentuk rasa sayang kita pada diri sendiri dan membuat badan lebih segar serta siap melanjutkan pekerjaan.


2. Cari Tahu Penyebab Kejenuhan
Terkadang pekerja salah langkah dalam mengambil bentuk healing yang tepat untuk mengatasi kejenuhan karena tidak tahu penyebab rasa jenuhnya. Ada yang merasa bosan karena padatnya jadwal pekerjaan namun mengira rasa bosannya karena rutinitas yang dilakukan selalu sama secara terus menerus. Sehingga ketika dia mencoba untuk mencari rutinitas baru malah berakhir dengan kewalahan dan stress sendiri dengan tambahan pekerjaannya.


3. Lakukan Kegiatan yang menyenangkan
Melakukan kegiatan selingan yang menyenangkan diri saat bekerja bisa menambah mood bekerja. Terkadang, pekerjaan yang monoton bisa menyebabkan kita merasa bosan> Dengan melakukan hal yang meneyenangkan akan membuat kita merasa gembira dan bersemangat saat bekerja.


4. Ubah Suasana Tempat Kerja
Mengubah suasana tempat kerja bisa mengembalikan mood bekerja kita. Misalnya, menempelkan pernak pernik lucu di dinding atau meja kerja. Tempat kerja yang rapi bisa membuat kita lebih bersemangat dan termotivasi untuk lebih produktif.


5. Ubah Cara Pandang Diri Terhadap Pekerjaan
Terkadang kita merasa terbebani dengan banyaknya pekerjaan yang menumpuk. Padahal, bila kita mau berpikir positif dan bersyukur, tentunya hal itu tak akan jadi beban. Coba bayangkan ada berapa banyak orang diluar sana yang ingin bisa ada di posisi kita karena masih belum mene,ukan pekerjaan. Anggaplah pekerjaan adalah bagian dari hidup kita yang penting untuk bertahan hidup dan menjaga status sosial kita di masyarakat.


6. Kurangi Lembur
Bekerja melebihi jam kerja secara terus menerus bisa jdi akan mempengaruhi pikiran dan fisik kita sehingga mudah lelah. Lelah yang berkepanjangan bisa memicu rasa jenuh dalam bekerja. Oleh sebab itu, atur waktu lembur kita. Kurangi lembur apabila badan sudah merasa lelah dan jenuh dengan pekerjaan.


7. Curhat
Mencurahkan rasa jenuh kita pada teman, keluarga atau pasangan adalah cara yang jitu. Siapa tahu, setelah kita curhat merasa jenuh dengan pekerjaan, mereka akan mengajak kita untuk refreshing dan healing bersama ke suatu tempat. Liburan bersama orang terdekat adalah hal yang menyenangkan dan mengembalikan semangat kita.


8. Ingat Tujuan yang Ingin Dicapai
Kadang-kadang, terlalu lama bekerja membuat kita lupa tujuan awal kita mengambil pekerjaan kita sekarang. Ini yang membuat kita mudah jenuh dengan pekerjaan. Cobalah untuk mengingat kembali motivasi kita pada saat pertama kali mengambil pekerjaan saat ini. Dengan begitu, kita akan mencintai pekerjaan kita dan tak mempunyai alasan untuk bosan.


9. Jangan jadikan Pekerjaan sebagai Beban
Tidak sedikit pekerja yang menganggap bahwa pekerjaanya adalah sekedar kewajiban semata untuk mencari nafkah. Sehingga terkadang diri ini merasakan ketidaknyamanan dalam bekerja karena merasa terpaksa. Jangan merasa pekerjaan kita adalah beban. Cobalah untuk mencintai pekerjaan kita.


10. Pilih Pekerjaan Sesuai Passion
Memilih pekerjaan akarena terpaksa atau yang penting dapat pekerjaan dulu akan membuat kinerja kita kurang maksimal. Oleh karena itu, lebih baik kita mengambil pekerjaan yang sesuai bakat dan minat kita agar kita bisa maksimal dalam beerja.

Demikianlah tips untuk mengatasi rasa jenuh saat bekerja. Semoga dapat bermanfaat.